Selasa, 31 Mei 2011

Tutorial Flash Medium: Animasi Masking 2

,
Level: Medium
Software: Macromedia Flash 8 Above

Assalamualaikum Wr.Wb

Selamat datang di Rumah Flash. Ok, di tutorial masking kedua ini akan dibahas tehnik masking cara yang lebih mudah tapi harus sedikit bersabar dan tekun. pernah melihat video klip bruno mars yang berjudul Just The Way You Are?.. nah kira-kira animasi yang kita buat akan seperti itu, walaupun tidak mirip dengan video klip Just the way you are, tapi setidaknya hampir mendekati. ok supaya gak penasaran, langsung aja ikutin tutorialnya. 
pada tutorial masking kedua ini, kita akan menggunakan file yang berekstensi .ai atau file adobe illustrator. mungkin banyak kamu yang belum bisa bermain Ai jadi, jika kalian ingin mendapatkan file Ai, silahkan kunjungi www.vecteezy.com. kemudian untuk file latihan tutorial dapat DI-DOWNLOAD DISINI

1. Ok jika sudah didownload file latihannya. sekarang kalian import file tree silhouette pack.ai ke flash kalian masing-masing. caranya import >> import to stage. 

2. Saat di-import maka akan keluar menu Illustrator ArtBoard. itu gunanya untuk menseleksi file-file mana saja yang ingin diimport. tapi.. supaya cepet, langsung saja tekan Ok. 


















3. Ok.. jika sudah ke import, akan muncul gambar seperti ini:
















4. Nah pasti bingung karena banyak gambar yang muncul. supaya gak bingung, hapus aja semua gambar pohon, kecuali Pohon Pertama dan background belakang serta tagline di gambar dengan menekan del di keyboard. jika sudah dihapus, pindahkan pohon pertama ke tengah stage.

















5. Ok.. kini persiapan pohon sudah selesai. sekarang ganti layer 1 menjadi pohon. lalu tambah layer lagi dengan nama mask, dan letakkan layer mask dibawah layer pohon.












6. sekarang, klik di objek pohon lalu tekan CTRL+B, untuk mem-Break Apart pohon, sehingga bisa kita edit. jika berhasil, pohon akan seperti ini: (tampak pecah-pecah gambarnya)


7. Ok.. jika sudah di break apart, klik tombol warna (show layer as Outlines) disamping tulisan layer pohon. tombol itu gunanya untuk menyembunyikan warna asli pohon dan berganti menjadi warna garis (outlines) pohon saja.






















8. Jika sudah, sekarang klik kanan layer pohon dan pilih mask. sehingga hasilnya seperti ini:












9. masuk ke layer pohon frame 90 lalu beri keyframe.
10. Sekarang buka kunci layer mask, agar pohon kelihatan. di Layer Mask Frame 1, Klik tombol Brush, dan beri warna merah dan brush bagian pohon dibawah ini:



11. masuk lagi ke layer mask frame 2 dan tekan F6, lalu brush lagi sedikit bagian bawah pohon:









12. masuk lagi ke layer mask frame 3  dan tekan F6, lalu brush lagi sedikit bagian bahawah pohon:











12. Nah.. terus lakukan seperti itu, sebelum kalian melakukan brush, tekan dulu F6 di frame yang kosong baru brush sampai hasilnya seperti ini:



































Jika Berhasil Akan Seperti Ini:



Dan Jika Kalian Rajin, Kalian Bisa Membuatnya Seperti ini:




Selamat Mencoba, Semoga Berhasil..

Rumah Flash
The Home For Share And Learn

1 komentar:

  • 3 Oktober 2018 pukul 17.49
    Unknown says:

    bang itu kan cara buat pohon dangan gambar di belakangnya trs gimana caranya masking pake brush tp gambar itu yang ingin kita perlihatkan seperti ornamen bunga

Posting Komentar

 

Rumah Flash Copyright © 2011 -- Template created by O Pregador -- Powered by Blogger Templates